Menjadi Tour Guide dan Sopir Dadakan

KALI ini saya hendak berbagi sedikit cerita tentang tugas dari Kantor dua bulan lalu. Setelah sukses dengan jalan-jalan ke Air Terjun, managemen mengatur lagi rencana jalan-jalan ke Pantai. Saya dapat tugas tambahan menjadi Tour Guide dan Sopir sekaligus. Tugas yang cukup melelahkan sebetulnya, karena jarak yang ditempuh lumayan jauh. Dari kota Lahat ke Pantai Panjang, Bengkulu, kurang lebih 260 kilometer, atau sekitar 8 jam perjalanan.

Saya tidak sendirian, sahabat baik saya yang juga teman sekantor mendapat tugas sama. Hanya saja, saya mengiring di belakangnya. Itu karena beliau yang ditunjuk sebagai Koordinator jalan-jalan kali ini dan jam terbang yang lebih banyak dari saya. Perjalanan kami tempuh dengan kecepatan sedang, cuaca cukup baik. Sesekali kami berhenti untuk isi minyak, beli makanan atau ke Toilet. Sebetulnya ini adalah perjalanan pertama kali bagi saya dengan mengendarai mobil. Dengan jam terbang yang dimiliki saya yakinkan dan beranikan diri untuk mengemban tugas ini.

Rute yang dilewati cukup menantang, adrenalin saya diuji ketika mulai memasuki jalanan menuju Pagar Alam. Jembatan Endikat yang baru selesai diperbaiki menjadi salah satu titik waspada, dengan niat Bismillah, saya yakinkan niat dan fokus. Performa Mobil kantor juga handal, meski membawa enam orang, mobil yang saya kendarai bisa melaju dengan baik melewati tikungan tajam yang ada. Memasuki Kecamatan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang jalan agak sedikit mengecil dan banyak lubang. Ini juga hal yang mesti diwaspadai. Beruntung dalam perjalanan ada Orang yang biasa mengatur lalu lintas dan memberi tahu tentang tanda bahaya di jalan. Cukup memberi selembar uang kertas, mereka sudah bahagia dan kami pun sangat terbantu.

Tantangan tidak berhenti disitu, memasuki Kota Bengkulu hari sudah gelap danĀ  hujan kami mesti melewati Liku Sembilan. Jalan yang banyak tikungan tajam. Jalanan padat oleh Mobil lain, baik itu Truk atau Bus yang masing-masing ingin bisa sampai lebih cepat. Situasi ini membuat saya ekstra hati-hati. Dengan keyakinan yang ada, sambil berdoa penuh keyakinan saya tetap melaju dengan fokus. Tidak lama, akhirnya kami tiba di tujuan. Kami singgah di Rumah Makan yang tidak jauh dari Pantai Panjang, lalu menginap di sebuah Hotel yang mudah dijangkau.

Keesokan harinya, kami jalan-jalan ke Pantai Panjang, kemudian menyewa perahu menuju Pulau Tikus. Sore harinya kami pulang. Berangkat dari Bengkulu pukul 15.00 lalu tiba di Lahat dengan selamat pada pukul 22.00 WIB. Alhamdulillah. Dan keesokan harinya saya dan sahabat tetap bekerja seperti biasa.